Pixel

Selasa, 17 Desember 2013

BICARA DIA MENYEBALKAN


Pernahkah berinteraksi dengan orang yang sering membanggakan dirinya? Dari sekian topic yang dibicarakan kebanyakan membicarakan dia. Seolah dialah yang paling tau. Pernahkah?

Jika pernah menemui orang seperti itu, anda males berbincang lama dengan nya kan?

Bayangkan saja dari hampir seluruh perbincangan, dia selalu mengambil kendali, dan dia lah yang jadi topik utamanya. Dia promosi tentang kehebatan dirinya. Lama – lama kita garuk – garuk kepala, garuk – garuk telinga, maenin gadget, pokoknya ga nyaman, ingin segera mengakhiri perbincangan itu kan?

Inilah fenomena menarik yang sering kita temui di sekitar kita. Ketika berbincang dengan orang lain, kita merasa tak enjoy, malah ingin cepat mengakhirinya.

“Dia terlalu banyak membanggakan dirinya, pembicaraan dikendalikan hanya oleh dia, dia juga jarang memberi kesempatan kita berbicara, seolah dia serba tau”.

Itulah yang menjadi sebab kita malas berbicara dengan orang seperti itu.

Maka, sebaiknya kita tak perlu melakukan hal itu ketika berbincang dengan orang lain.

Agar orang nyaman hingga waktu yang cukup lama berbincang dengan kita, hindari membanggakan diri kita dan terlalu over “seperti paling tau”. 

Untuk berbicara yang baik itu, jadilah pendengar yang baik. Dengarkan orang berbicara, perhatikan saat dia berbicara, tatap matanya, full ekspresi dalam menyimak pembicaraannya. Kemudian bicaralah sesuai minat dan porsi yang pas. Dan hindari sok tau juga hindari “promosi diri sendiri”.

Saya berharap, kita bukan termasuk orang yang menyebalkan dalam berbincang.

Semoga bermanfaat, salam bahagia!
-Fahmi Hakim-

Mengundang jadi pembicara hubungi > Fahmi
Baca tulisan lain disini > Article Archive
Ngobrol bareng saya disini > Twitter @me_fahmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar