Pixel

Jumat, 13 Desember 2013

MENINGGALKAN JEJAK



Kita sepakat kehidupan di dunia tak selamanya. Akan ada kehidupan abadi di akhirat kelak. Kita di dunia hanya bertahan rata – rata antara 60-70-100 tahun. Iya kan?

Jika hidup hanya sebentar, maka jangan sekedar numpang lewat. Tapi apa yang akan kita tinggalkan dari perjalanan kehidupan ini? Bayangkan jika nafas tak lagi berhembus, perlahan orang akan melupakan kita. Seolah pahala kita berhenti sampai disitu. 

Berikut beberapa orang yang meninggalkan jejak dan bermanfaat untuk orang banyak. Soekarno (Alm), dialah pemimpin Indonesia yang berusaha keras memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bersama pejuang – pejuang lain. Ustadz Jefri Al Buchory (Alm), dialah yang telah berjuang menebar Ilmu dan dakwah ke berbagai penjuru Indonesia, sehingga sampai saat ini jejak kehidupannya masih harum.

Yusuf Mansur dan Aa Gym, dialah orang yang mencetak jutaan santri dari pesantren yang didirikannya ‘Pesantren Darul Qur’an dan Darul Tauhid’, juga masjid kokoh yang mereka dirikan. Sehingga jika nafasnya tak lagi berhembus, ada jejak yang ditinggalkan oleh mereka. Dan bermanfaat untuk orang banyak. 

Thomas Alva Edison, nama yang popular di telinga kita. Taukan beliau siapa? Betul! Dialah penemu lampu. Itulah jejak yang dia tinggalkan, sehingga manfaatnya masih berdampak dan jejak hidupnya masih tercium harum.

Semoga jejak dan manfaat yang mereka torehkan di dunia ini, terus mengalirkan pahala kebaikan untuk mereka. 

Coba buka google, lakukan searching dari nama – nama tadi diatas. Hampir pasti muncul nama mereka. Kita akan tahu siapa mereka dan apa kontribusi mereka di kehidupan ini. Sekarang mereka telah meninggalkan jejak, lalu jejak apa yang akan kita torehkan di kehidupan ini?

Ada yang bilang begini “Saya meninggalkan jejak kasur di dunia ini”. Saya Tanya “Memang hanya bisa tidur ya selama hidup? sehingga kasur yang jadi jejak mu?”. Dia menjawab “Bukan mas, saya penjual kasur dan penyumbang kasur ke masyarakat tak mampu”. “Ooooh, saya kira..hehehe” 

Dengan menulis rutin di blog ini, membangun sekolah quantum, ingin menginspirasi jutaan orang dan berusaha keras ingin membangun Rumah Hebat untuk Yatim Piatu di Indonesia, saya berharap akan meninggalkan jejak dan manfaat di hidup ini. Lalu apa rencana jejak mu?

Berbuatlah. Sekarang saatnya dengan karya dan kerja keras kita tinggalkan jejak di kehidupan ini. Siap?

Semoga bermanfaat, salam bahagia!
-Fahmi Hakim-

Mengundang jadi pembicara hubungi > Fahmi
Baca tulisan lain disini > Article Archive
Ngobrol bareng saya disini > Twitter @me_fahmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar